Pencairan Bansos untuk 1.529 siswa SMA-SMK Swasta Tinggal Tunggu Ini

PANGGUNGREJO – Sejumlah siswa SMA-SMK swasta di Kota Pasuruan, sepertinya harus lebih bersabar untuk mendapatkan bantuan sosial (bansos) triwulan ke dua. Sejauh ini, pencairannya masih menunggu surat perintah membayar (SPM).

Kasubbag Penyusunan Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Pasuruan Sutrisno mengungkapkan, proses pencairan bansos untuk triwulan ke dua periode April-Juni, terus dilakukan. Beberapa waktu lalu, Dinas P dan K sudah menyelesaikan tahap administrasi.

Bahkan, Dinas P dan K sudah mengajukan pencairan ke Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKA) Kota Pasuruan. Nama-nama penerima yang berhak memperoleh bansos juga sudah diberikan. Kini, Dinas P dan K tinggal menunggu SPM turun dari Bagian Keuangan.

“Proses pencairan masih terus dilakukan. Seluruh tahapan administrasi sudah dilaksanakan. Tinggal menunggu SPM turun, maka pencairan bisa terlaksanakan. Insya Allah dalam bulan ini sudah cair,” ujar Tris -sapaan akrab Sutrisno.

Sesuai rencana, penerima bansos untuk triwulan ke dua sama dengan triwulan pertama pada April lalu. Yaitu, Rp 604.960.000 yang diperuntukkan 1.529 siswa. Syarat penerimanya juga tidak berbeda dengan triwulan pertama.

Yakni, siswa berasal dari keluarga tidak mampu, siswa belum tergabung dalam program keluarga harapan (PKH), serta menunjukkan surat keterangan tidak mampu (SKTM). Karena bersifat bansos, maka hanya siswa tidak mampu yang mendapatkannya.

“Kami meminta pada siswa penerima bansos untuk bersabar menunggu pencairan triwulan dua. Kami tinggal menunggu proses tahap akhir sebelum bansos dapat dicairkan langsung ke rekening masing-masing penerima,” ujar Tris. (riz/fun)