Catur Sumbang Emas Perdana untuk Kota Probolinggo di Porprov

BOJONEGORO – Penantian kontingen Kota Probolinggo untuk meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VI, akhirnya disudahi. Cabor catur jadi yang pertama menyumbang emas untuk Kota Mangga.

Emas perdana itu berhasil diraih Muhammad Nurul Huda. Remaja 18 tahun itu berhasil jadi yang terbaik di nomor perorangan catur cepat putra.

Di semifinal, Nurul Huda berhasil mengalahkan atlet tetangga Kota Pasuruan, Achmad Labib Najibi. Sementara di final, ia mengalahkan atlet Kota Malang, Kurniawan Umbu T.

M Yanto, pelatih catur Kota Probolinggo mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan torehan itu. “Ini, torehan yang sangat membanggakan. Kami sangat bersyukur atas prestasi ini,” ujarnya saat ditemui usai penyerahan medali emas, Senin malam (8/9).

Cabor catur sendiri masih berpeluang kembali menyumbang emas. Yakni, pada kategori catur klasik. Pada kelas itu, Percasi –induk cabor catur- kota setempat menurunkan satu atlet perorangan, dua tim beregu. Termasuk Nurul Huda sendiri.

Ia berharap mereka bisa menambahkan medali untuk Kota Probolinggo. “Untuk klasik ini pertandingannya sampai hari Jumat (12/7). Kami berharap masih bisa menyumbang emas untuk Kota Probolinggo pada kelas ini,” ujarnya.

Dengan torehan emas catur itu, hingga tadi malam, Kota Probolinggo total meraih 12 medali. Posisi sementara Kota Probolinggo berada di peringkat 24. (sid/mie)