99 PNS di Pemkot Pasuruan Akan Pensiun, Tapi Rekrutmen CPNS Belum Pasti

PANGGUNGREJO – Kebutuhan tambahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Pasuruan, dipastikan mendesak. Namun, Pemkot Pasuruan belum memastikan bisa melakukan perekrutan calon PNS (CPNS) tahun ini. Alasannya, belum menerima informasi perekrutan dari Pemerintah Pusat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pasuruan Mokhamad Faqih mengatakan, pihaknya membutuhkan perekrutan CPNS. Sebab, jumlah PNS di Kota Pasuruan setiap tahunnya dipastikan terus berkurang karena ada yang pensiun.

Tahun ini ada 99 PNS yang bakal pensiun. Mereka adalah 36 orang pegawai struktural yang meliputi pejabat eselon II, III, dan IV. Serta, 47 orang pejabat fungsional yang terdiri atas guru dan tenaga kesehatan. Serta, 16 orang staf. “Jelas butuh, sebab tahun ini saja ada 99 PNS yang akan pensiun. Baik dari struktural maupun fungsional,” ujarnya.

Namun, Faqih belum bisa memastikan kebutuhan PNS di Kota Pasuruan tahun ini. Ia mengaku, pihaknya tetap menunggu keputusan Kementerian untuk kembali membuka perekrutan CPNS. Sehingga, PNS yang pensiun ini bisa ditutupi.

Menurutnya, Pemkot sudah menyiapkan anggaran untuk perekrutan CPNS. Total anggarannya sama dengan tahun lalu, Rp 75 juta. Sehingga, saat ada perekrutan CPNS seperti tahun lalu, pihaknya sudah siap. “Belum ada informasi tahun ini. Mudah-mudahan tahun ini ada perekrutan CPNS,” ujar Faqih. (riz/fun)