TPS Leces Butuh Depo agar Sampah Tak Melulu Dibakar

MENGHITAM: Seorang warga berada di TPS Leces, Kabupaten Probolinggo. Minggu (7/7) malam, tumpukan sampah di TPS ini dibakar sehingga mengganggu arus lalu lintas. (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

LECES – Kepulan asap terlihat begitu pekat muncul dari tumpukan sampah di tepi Jalan Raya Leces. Kabupaten Probolinggo. Minggu (7/7) malam, asap yang baunya begitu menyengat itu mengganggu arus lalu lintas. Rupanya, asap ini muncul dari tempat pembuangan sampah (TPS).

Sampah di TPS itu dibakar karena telah meluber. Syukur, kemarin sisa sampah yang masih menumpuk itu langsung diangkut oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo. Sekitar pukul 10.00, volume sampah berkurang. Namun, tampak jelas dinding TPS menghitam bekas pembakaran sampah. “Tadi sampah di sini (TPS) numpuk. Tapi, sudah diangkut oleh truk sampah tadi,” ujar salah seorang warga Desa/Kecamatan Leces, Bebun, 62.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari tidak menampik adanya tumpukan sampah di TPS Leces. Namun, kemarin sudah diangkut oleh petugas pengangkut sampah. “Tadi pagi petugas sudah turun untuk mengangkut sampah di TPS Leces itu,” ujarnya, Senin (8/7).

Hasyim mengatakan, pihaknya akan melakukan kajian penghitungan volume sampah di setiap wilayah kecamatan. Tujuannya, mengetahui volume sampah dan kapasitas TPS yang harus disiapkan. Untuk TPS di Leces, memang perlu dibuatkan depo TPS. Supaya daya tampungnya lebih besar dan tidak sampai meluber. “Depo TPS itu tempat sampah ukuran lebih besar dan ada atapnya. Tahun ini kami bangun tiga depo TPS di wilayah Kraksaan,” ujarnya.

Namun, kata Hasyim, pembangunan depo TPS bukan di tepi jalan raya. Karenanya, perlu dicarikan tempat yang masuk dari jalan raya. Sehingga, tidak menimbulkan pemandangan sampah di tepi jalan raya. Meski dengan depo TPS lebih tertutup dan bersih.

“Untuk TPS-TPS yang volume sampah sedikit, nanti akan kami ganti dengan kontainer sampah. Sehingga, meski ada di tepi jalan, sampah itu tidak terlihat,” jelasnya. (mas/fun)