Putri 14 Tahun Ini Sumbang Perak Perdana Kab Probolinggo di Porprov

TUBAN – Keran torehan medali kontingen Kabupaten Probolinggo akhirnya mengalir di hari ke dua Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim ke VI. Medali perdana kontingen kabupaten itu dipersembahkan dari cabor Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

Adalah Aisyah Putri Aprilia, 14, yang tercatat menyumbang medali perdana. Aisyah berhasil menyabet medali perak dari balap sepeda nomor Individual Time Trial (ITT) Woman.

Aisyah berhasil finis di peringkat ke dua, di belakang atlet asal Kota Malang dalam ajang yang digelar di jalanan Tuban itu. Senin  (8/7), Aisyah berhasil melahap track pegunungan sepanjang 8,3 kilometer di Kecamatan Urak, Kabupaten Tuban.

Ofisial ISSI Kabupaten Probolinggo Ahmad Suparman mengatakan, Aisyah berhasil finis dengan catatan waktu 18 menit 20 detik. Meskipun dari desa, menurutnya atletnya tidak kalah dengan atlet daerah lain. “Tentunya bangga. Meskipun masih belia, tetapi sudah berprestasi,” katanya.

Menurut Suparman, pihak ISSI sendiri tidak menyangka jika akan mendapatkan medali pertama. Capaian itu dinilai sudah cukup bagus. “Ini sudah sangat luar biasa. Semoga nanti ada medali lain dari cabor lain yang menyusul,” kata Suparman saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Sekretaris KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abu Bakar mengapresiasi perjuangan Aisyah yang berbuah medali perak untuk bumi Pendalungan.

“Ini adalah medali pertama. Dan, ini penyemangat bagi cabor lain. Sehingga, bisa terus memberikan yang terbaik dan semoga juga turut menyumbangkan medali. Baik itu emas, perak, dan perunggu,” kata pria yang akrab disapa Chalid itu. (sid/mie)