KPU Mulai Siapkan Data Pemilih Pilwali Pasuruan

CARI DATA: Petugas KPU Kota Pasuruan saat membuka kotak suara untuk mengambil form A-DPK, Senin (8/7). Hal itu dilakukan guna menyiapkan penyusunan daftar pemilih pada Pilwali 2020 mendatang. (Muhamad Busthomi/Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – KPU Kota Pasuruan mulai menyiapkan penyusunan data pemilih, menjelang Pilwali 2020. Senin (8/7), KPU membuka kotak suara hasil penghitungan suara Pemilu 2019 lalu.

Proses pembukaan kotak suara di gudang logistik KPU Kota Pasuruan itu juga disaksikan oleh Bawaslu Kota Pasuruan dan Polres Pasuruan Kota dan Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan.

Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Kota Pasuruan Mukhammad Zahid menyampaikan, pembukaan kotak suara itu berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor 942. Dalam surat itu, KPU RI memerintahkan KPU Kota Pasuruan untuk membuka kotak suara dan mengambil data dari Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Data tersebut tercantum dalam form A-DPK yang disimpan dalam kotak suara. Sehingga, KPU membuka sebanyak 625 kotak suara untuk mengambil data dari form tersebut. “Dokumen tersebut diperlukan untuk pemutakhiran data pemilih,” terangnya.

Pemutakhiran data pemilih itu dilakukan sebagai bahan penyusunan daftar pemilih dalam Pilwali 2020 mendatang. Pemutakhiran data pemilih dilakukan dengan memadukan daftar pemilih tetap (DPT) dengan daftar pemilih khusus (DPK) pada Pemilu 2019 lalu.

“Dari dokumen A-DPK itu, KPU akan menghimpun data pemilih by name by address. Data tersebut kemudian di-input dalam sistem informasi pemilih (Sidalih) milik KPU,” tambahnya.

Zahid menyebut, hasil penyusunan data pemilih berdasarkan form A-DPK itu juga akan disampaikan dalam rapat koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Timur. (tom/mie)