Dewan Dukung Rencana DLH Probolinggo Beli Mobil Compactor

MAYANGAN – Rencana Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo membeli mobil compactor mendapat dukungan DPRD Kota Probolinggo. Terlebih, bila keputusan itu berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Jika memang tujuan penambahan mobil compactor ini untuk meningkatkan pelayanan publik, kami sepakat jika ada penambahan mobil compactor. Apalagi jika dengan adanya kendaraan ini masalah sampah yang menumpuk bisa teratasi, kami apresiasi sekali,” ujar Ketua DPRD Kota Probolinggo Agus Rudianto Ghaffur.

Namun, menurut Rudi, sejauh ini pihaknya belum menerima dokumen Perubahan APBD 2019 yang mencantumkan tentang rencana pembelian mobil compactor. “Tapi, yang paling penting adalah alat-alat yang ada saat ini harus dijaga dengan baik. Tidak hanya digunakan, tapi dirawat. Jangan sampai terjadi korosi, akhirnya rusak dan menjadi penyusutan aset,” jelasnya.

Pernyataan serupa disampaikan Wakil Ketua II DPRD Kota Probolinggo Muklas Kurniawan. Ia mengatakan, sampai kemarin belum menerima dokumen perubahan APBD 2019. Namun, jika memang alat tersebut urgen dan dibutuhkan masyarakat, seharusnya segera dianggarkan. “Tapi, nanti akan dilihat speknya juga,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua mobil compactor milik DLH Kota Probolinggo rusak. Akibatnya, sampah di sejumlah tempat pembuangan sampah (TPS) sempat menumpuk. Namun, akhirnya bisa diatasi setelah diangkut menggunakan truk sampah biasa. (put/rud)