Pengunjung Ramai, Parkir Wisata Cheng Hoo Diserbu Asongan

PANDAAN – Musim liburan sekolah ikut mempengaruhi jumlah kunjungan di wisata Cheng Hoo Pandaan. Ini terlihat dengan ramainya kendaraan yang parker disana. Bus, minibus dan mobil pribadi, muat para wisatawan, mampir berbelanja ke pasar wisata ataupun berkunjung ke Masjid Muhammad Cheng Hoo.

Kondisi itu juga dimanfaatkan banyak pihak. Parkir wisata ikut “diserbu” para pedagang asongan yang berjualan aneka makanan dan minuman, serta camilan atau jajanan lainnya. Mereka umumnya menjajakan dagangannya diatas motor.

Pantauan media ini, keberadaan para pedagang asongan tersebut berada di sisi sebelah timur. Yakni akses menuju keluar, dan para pembelinya adalah wisatawan baru turun atau mau naik kendaraan yang berhenti di parkir wisata ini.

“Dulunya para asongan ini jualan di luar parkir wisata atau tepi jalan. Utamanya gerbang akses keluar. Agar tidak mengganggu, kami arahkan masuk ke dalam. Tapi di tepian saja,” ucap kasi trantib Kecamatan Pandaan Malik M. Z.

Meskipun berjualan didalam areal parkir, lapak dagangannya tetap menggunakan motor. Karena untuk pedagang makanan dan minuman sudah ada, dan menempati kios yang ada sejak pasar wisata beroperasi hingga sekarang. Tak heran, jika posisi jualannya ada ditepian dan berada di dekat gerbang akses menuju keluar parkir wisata ini.

“Kalau ada yang buat lapak baru diluar motor, kami tindak tegas. Jumlah pedagang asongannya sekitar 10 orang saja, dibawah binaan langsung paguyuban pedagang pasar wisata ini,” cetusnya. (zal/fun)