Diberi Rp 10 Miliar oleh Pusat untuk Benahi Puluhan Ruas Jalan

BAKAL DIBENAHI: Kendaraan yang melintas di jalur Bangil-Wonokerto. Dengan bantuan dari pemerintah pusat, jalan ini akan dibenahi bersama puluhan jalan kabupaten lainnya. (Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Puluhan ruas jalan di Kabupaten Pasuruan bakal dibenahi oleh pemerintah pusat. Dana lebih dari Rp 10 miliar disiapkan, untuk merealisasikan rencana tersebut.

Kepala Bidang Perencanaan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Eko Bagus menyampaikan, ada setidaknya 28 ruas jalan di Kabupaten Pasuruan yang akan dibenahi. Pembenahannya akan dilakukan, melalui dana bantuan dari pemerintah pusat.

“Ruas jalan yang akan dibenahi itu, tersebar di sejumlah kecamatan,” kata Eko-sapaannya.

Salah satunya jalan raya Blawi-Rembang ataupun jalan Bangil-Wonokerto. Selain itu ada pula jalan Areng-areng menuju Blembem dan sejumlah ruas jalan lainnya. Jalan tersebut akan dibenahi tahun ini, jika ada yang mengalami kerusakan.

Pemerintah pusat, kata Eko, telah menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk pemeliharaan jalan di 28 titik itu. Setidaknya Rp 10,8 miliar disiapkan, untuk merawat puluhan ruas jalan itu.

“Dananya bersumber dari hibah pemerintah pusat, untuk pemeliharaan jalan-jalan yang ada di Kabupaten Pasuruan,” ulasnya.

Pemeliharaan jalanan di Kabupaten Pasuruan, bukan tanpa alasan. Selain menjaga agar kondisinya baik, supaya jalanan yang ada itu layak dan aman bagi pengendara. Sehingga, tidak memicu celaka.

Saat ini, rencana perbaikan jalan-jalan itu, masih dalam proses penyelesaian di BLP. Setidaknya dalam bulan ini, proses pengerjaannya sudah bisa dimulai. “Lelangnya sudah hampir selesai. Bahkan sudah persiapan untuk kontrak. Sehingga bakal segera dimulai,” pungkasnya. (one/fun)