Daftar Sekarang, Calon Jamaah Haji di Kabupaten Pasuruan Berangkat 26 Tahun Lagi

PASURUAN – Masyarakat Kabupaten Pasuruan yang ingin berangkat haji reguler dipastikan akan makin lama. Ini lantaran dari catatan di kantor Kementerian Agama (Kemenag), calon jamaah haji (CJH) yang mendaftar sudah masuk antrian hingga 26 tahun mendatang. Dengan begitu, jika mendaftar sekarang, akan berangkat tahun 2045.

Hal itu diungkapkan Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan. Dia mengatakan, semua antrean CJH sudah terdata melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) secara online se-Indonesia. “Yang sudah mendaftar ke Kemenag, langsung di entry dan dihitung estimasi berangkat tahun berapa. Perhitungan ini melihat jumlah kuota Indonesia saat ini,” terangnya.

Kendati sudah ada tambahan kuota dari Arab Saudi misal 10 ribu tambahan lagi tahun ini, itu tak banyak mengurangi antrean. Termasuk di Kabupaten Pasuruan. Ini lantaran jumlah pendaftar haji tiap bulannya selalu tinggi.

Di Kabupaten Pasuruan sendiri, dari Januari sampai Juni atau setengah tahun ini pendaftar antrian haji sudah mencapai 2.150 CJH. Rata-rata pedaftar 300 – 480 CJH setiap bulannya. Kendati jumlah ini sedikit menurun dari periode yang sama tahun lalu yaitu mencapai 2.329 CJH, namun tetap memperpanjang jumlah antrean jemaah haji di Kabupaten Pasuruan.

Panjangnya daftar antrian haji ini, dikatakan banyak berbagai sebab. Tingginya antusias masyarakat untuk berhaji adalah faktornya. Disamping itu terbatasnya kuota dari Arab Saudi. (eka/fun)