Waduh, Ratusan CJH Kab Pasuruan Pindah Daerah Berangkat

PANGGUNGREJO – Menjelang keberangkatan calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Pasuruan, jumlah CJH yang mutasi masuk dan keluar daerah semakin bertambah. Kini, tercatat ada 23 CJH yang masuk atau hendak berangkat dari Kabupaten Pasuruan. Sedangkan, 141 CJH memilih berangkat dari daerah lain.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan Imron Muhadi mengatakan, permintaan mutasi terakhir dibuka sampai akhir Juni. Tercatat, ada tambahan permintaan mutasi, baik yang masuk ataupun ke luar daerah. “Sebelumnya untuk mutasi masuk pada Mei lalu masih 19 CJH. Namun, bertambah sampai akhir Juni lalu mencapai 23 CJH,” ujarnya.

Ada juga CJH yang terdaftar di Kabupaten Pasuruan, namun memilih berangkat dari daerah lain. Jika sebelumnya hanya 139 CJH, naik menjadi 141 CJH. Imron mengatakan, mutasi pemberangkatan CJH lumrah terjadi. “Ini karena CJH ada yang berpindah KTP, sehingga memilih berangkat dari tempat baru,” ujarnya.

Permintaan mutasi ini sudah terjadi sejak pelunasan dan konfirmasi ke Kemenag Kabupaten Pasuruan. Setelah itu, Kemenag melaporkan ke Kemenag Pusat untuk dipindah tempat keberangkatan. Imron mengatakan, mutasi ini dilakukan lantaran tempat saat pertama mendaftar dan lokasi kediaman jemaah haji saat ini tidak sama. Ada yang karena menikah ataupun bekerja di tempat baru.

Perpindahan pemberangkatan dipastikan tidak akan menganggu sistem. Menurut Imron, semuanya sudah diatur dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) se-Indonesia. Tahun ini, jumlah CJH yang berangkat dari Kabupaten Pasuruan mencapai 1.347 orang. (eka/rud)