Hindari Jembatan Timbang, Truk Boks Tabrak Truk Bak

NGULING – Agenda perjalanan Ahmad Wahyudiono, 35, warga Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, untuk mengirim ikan sempat tertunda. Sabtu (6/7) dini hari, truk boks yang dikemudikannya mengalami kecelakaan di Jalan Raya Sedarum, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan.

Syukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Perjalanannya terhenti karena bagian depan truknya hancur usai menabrak truk bak. Kecelakaan ini pun diselesaikan secara kekeluargaan. Kecelakaan ini diketahui terjadi sekitar pukul 00.35. Dini hari itu, Ahmad mengemudikan truk bernopol N 8753 WA dari Sidoarjo. Ia hendak mengantar ikan segar ke Banyuwangi.

Sesampainya di Jembatan Timbang, Jalan Raya Sedarum, Ahmad terkejut. Sebab, melihat ada petugas Dishub Provinsi Jatim, mengarahkan truknya masuk ke jembatan timbang. Sehingga, membanting kemudinya ke kanan. Secara bersamaaan dari timur ada sebuah truk bak tanpa muatan bernopol N 9835 YA. Truk ini dikemudikan Rudi, warga Desa Curahpetung, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lamongan. Tabrakan tidak terhindarkan.

Akibatnya, bagian depan truk boks penyok dan kaca depan remuk. Sementara, bagian depan truk bak hanya tergores. Setelah melakukan mediasi, kedua sopir sepakat menyesaikannya secara kekeluargaan.

Kanit Laka Satlantas Polresta Pasuruan Iptu Ahmad Jayadi mengatakan, kecelakaan ini disebabkan pengemudi truk boks kaget dan kurang menguasai medan. Sehingga, terjadi kontra dengan truk bak. “Alasannya, dia kaget ada petugas Dishub Provinsi meminta masuk ke jembatan timbang. Dia banting setir ke kanan dan menabrak truk bak,” ujarnya. (riz/rud)