Duh, Sampah Menumpuk karena Mobil Compactor Rusak

KANIGARAN – Pengangkutan sampah dari sejumlah TPS di Kota Probolinggo, mulai terganggu. Sebab, dua mobil compactor milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, rusak. Sehingga, banyak sampah di sejumlah TPS yang sampai menggunung.

Salah satunya di TPS Ungup-Ungup, Jalan Gubernur Suryo, Kecamatan Kanigaran. Bahkan, tumpukan sampah sampai meluber ke jalan. Sehingga, warga yang melintas di jalan ini harus agak ke tengah. Mengingat sebagian badan jalan digunakan untuk menempatkan bak sampah plastik.

“Sudah dua hari mobil compactor yang mengamngkut sampah di TPS Ungup-Ungup, rusak. Sehingga, tidak mengangkut sampah seperti biasanya. Tapi, hari ini sampah di TPS Ungup-Ungup sudah diangkut menggunakan truk sampah yang biasa,” ujar Kepala DLH Kota Probolinggo, Budi Krisyanto, Sabtu (6/7).

Budi belum bisa memastikan sampai kapan kerusakan mobil compactor itu bisa diatasi. Sementara menunggu perbaikan selesai, pengangkutan sampah menggunakan truk sampah biasa. “Tidak hanya TPS Ungup-Ungup yang terganggu dengan adanya kerusakan mobil compactor ini. TPS yang juga pembuangan sampahnya menggunakan bak sampah itu juga terganggu,” ujarnya.

Sejauh ini, DLH memiliki dua mobil compactor. Mobil compactor ini bisa mengangkut sampah serta mengefisiensikan tempat dengan adanya alat khusus untuk menekan sampah yang masuk ke bak sampah. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi tempat khusus untuk menampung air dari sampah.

“Kami berencana tahun ini menambah mobil compactor. Melalui APBD induk tahun 2019 satu unit. Jika ada anggaran cukup saat PAK APBD 2019, rencana menambah satu mobil compactor,” jelasnya. (put/rud)