Bulan Depan Bikin Jalan Bangil Lebih Mulus

BANGIL – Setelah dilakukan pengaspalan pertama pada Mei lalu, Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) akan melanjutkan pengaspalan tahap kedua di jalan depan Alun-Alun, Kecamatan Bangil. Pengaspalan mayor ini direncanakan dilanjutkan bulan depan.

Sejatinya, kondisi jalan di depan Alun-Alun, Kecamatan Bangil, sampai ke arah Jalan Diponegoro, sudah baik. Jalan ini rampung diaspal pada Ramadan 1440 Hijriah. Kini, BBPJN berencana akan memperkuatnya dengan akan mengaspalnya kembali bulan depan.

“Kondisi kendaraan yang melintas di depan Alun-Alun, Bangil sampai Jalan Diponegoro, atau yang menuju Malang, ini cukup tinggi. Sehingga, kami lakukan pengaspalan mayor dan yang kedua dengan pengaspalan karet,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII wilayah Gempol-Pasuruan-Probolinggo, Rudi Napitupulu.

Setelah dilakukan pengaspalan pertama, di Jalan Wetan Alun, Kecamatan Bangil, dilanjutkan Jalan Diponegoro dengan pangjang sekitar 700 meter. Direncanakan, bulan depan ditambah dengan pengaspalan karet. Agar kondisi jalan lebih kuat, karena banyak dilintasi kendaraan bertonase besar.

Rudi mengatakan, saat ini untuk persiapan masih dalam tahap aspal mixing plan (AMP). masih tahap modifikasi dan penyempurnaan sebelum pengaspalan dilakukan. “Targetnya Agustus untuk pengerjaan, kurang lebih dalam durasi 10 harian bisa selesai,” ujarnya.

BBPJN menargetkan, semua perbaikan selesai pada Oktober. Namun, untuk pengaspalan mayor diupayakan selesai lebih awal atau pada Agustus. Pengaspalan mayor masuk anggaran perbaikan jalan sebesar Rp 19 miliar dari jalan mulai Gempol sampai Probolinggo. (eka/rud)