Banyak PAUD-TK Gelar Wisuda ala Mahasiswa, Ini Kata Wali Kota

MAYANGAN – Maraknya kegiatan wisuda ala mahasiswa yang dilakukan lembaga pendidikan tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK), tak selalu membuat wali murid senang. Sebagian mereka mengeluh karena harus menyewa baju kebaya khusus anak-anak demi mengikuti acara wisuda.

“Heran kenapa anak masih lulus TK, wisuda sudah seperti mahasiswa. Pakai baju wisuda dan toga kecil,” ujar salah seorang wali murid asal Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Silvia Rani, 30.

Rani mengatakan, putrinya baru lulus TK dan akan masuk SD tahun ini. Namun, hanya untuk lulus TK harus mengeluarkan biaya lumayan banyak untuk kegiatan kelulusan. “Memang dari sekolah tidak ada biaya khusus, karena toga dan bajunya dipinjami. Tapi, untuk dirias, sewa baju kebaya anak-anak itu kan ada biaya juga. Kalau biaya sebenarnya tidak masalah, tapi apa esensinya anak TK diwisuda seperti mahasiswa. Apa sudah ikut skripsi dan sidang,” ujarnya.

Mendapati itu, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengaku, pihaknya tidak pernah mewajibkan adanya kegiatan tersebut di sekolah. “Pemkot Probolinggo tidak pernah mewajibkan kepada sekolah untuk mengadakan wisuda khusus untuk anak-anak TK maupun kegiatan rekreasi. Tapi, kegiatan ini biasanya muncul dari keinginan orang tua sendiri untuk mengadakan wisuda bagi anak-anaknya,” ujarnya. (put/rud)