Amankan Tiga PSK Pemain Lama, Satu Positif HIV

GRATI – Razia petugas Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Jumat (5/7) malam, berhasil mengamankan seorang PSK yang positif menderita HIV. PSK tersebut diamankan di wilayah Timur, saat razia penertiban penyakit masyarakat (pekat).

Ajar Dollar, Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Pasuruan mengatakan, razia tersebut merupakan operasi rutin. Namun, Jumat malam itu, razia difokuskan ke wilayah Timur Kabupaten Pasuruan.

Hasilnya, dari wilayah Nguling, Lekok sampai Grati, diamankan tiga PSK. Satu PSK diamankan di Pasar Ngopak, Grati. Lalu, satu PSK lagi di Sedarum, Nguling dan satu PSK di Jalan Raya perbatasan Lekok – Grati.

“Kami sempat kejar-kejaran dengan PSK yang diciduk. Kalau melihat usianya, mereka semua yang diamankan adalah pemain lama,” terangnya.

Razia sendiri dilakukan pukul 21.00. PSK yang diamankan, langsung dibawa ke Rumah Singgah Bina Hati, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan. Di sini, tes kesehatan dilakukan. Mereka juga diasessment untuk dikembalikan ke keluarganya.

Wahyu Widodo, Kasi Pelayanan Rehabilitas Sosial di Dinsos Kabupaten Pasuruan mengatakan, tiga PSK tersebut berasal dari luar Pasuruan. Yaitu satu dari Jember dan dua dari Kabupaten Probolinggo.

“Usianya sudah tua, yaitu 35 sampai 45 tahun. Bahkan ada satu PSK yang sudah dua kali dibawa ke Rumah Singgah,” terangnya.

Setelah dilakukan tes kesehatan, diketahui satu PSK positif mengidap HIV. Selanjutnya, ketiga PSK ini bakal dipulangkan ke keluarga masing-masing.

Wahyu menyebut, mereka tetap menjadi PSK, karena tuntutan ekonomi. “Selain rata-rata karena ekonomi, ya alasannya karena tidak ada keahlian lain. Tapi tetap kami serahkan ke keluarga agar lebih diperhatikan. Termasuk yang sudah dua kali tertangkap kami minta Dinsos setempat dan keluarga untuk menjemput,” pungkasnya. (eka/hn)