Tunggu Instruksi Pusat, Penetapan Caleg Terpilih Ditunda

PASURUAN – Rapat pleno penetapan caleg DPRD Kota Pasuruan terpilih urung digelar, Kamis (4/7) malam. Agenda tersebut akan digelar apabila KPU setempat telah menerima instruksi dari KPU RI. Lantaran rapat pleno ditunda, KPU kemudian menggelar rapat koordinasi dengan perwakilan saksi dari masing-masing partai politik.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari menyampaikan pihaknya mengacu pada Surat Edaran KPU RI tentang penetapan perolehan kursi dan calon terpilih pasca penetapan perkara pada BRPK PHPU di MK. Registrasi perkara sedianya telah berakhir 1 Juli lalu.

“Sebagaimana tahapan di KPU, penetapan dilakukan paling lambat 3 hari setelah MK mencantumkan PHPU dalam Buku registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Dan secara tahapan, hari ini (Kamis) merupakan hari terakhir jadwal penetapan,” ungkapnya.

Akan tetapi, kata Royce, hingga saat ini KPU RI belum memberikan instruksi kepada jajaran KPU di daerah untuk menggelar rapat pleno penetapan. Sebab, KPU RI juga menunggu surat resmi dari kepaniteraan MK mengenai daftar daerah yang menerima gugatan dari peserta pemilu.

“Karena itu kami menyikapinya dengan melakukan penundaan penetapan,” katanya.

Royce sendiri belum bisa memastikan kapan rapat pleno penetapan itu akan digelar. “Untuk pelaksanaannya, kami masih menunggu informasi resmi dari KPU RI dan KPU Provinsi,” tandasnya. (tom/fun)