Siapkan Bukti di MK, KPU Kota Pasuruan Buka Kotak Suara DPR RI

PASURUAN – KPU Kota Pasuruan mulai menyiapkan alat bukti untuk sidang permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). Kotak suara hasil pemilihan DPR RI pun dibuka, Kamis (4/7).

Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Pasuruan Hasan Asyuro menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan bahan yang akan dijadikan alat bukti dalam sidang di MK. Demi menyiapkan alat bukti itu, KPU membongkar kotak suara hasil pemilihan DPR RI, Kamis (4/7).

Pembukaan kotak suara itu melibatkan Bawaslu setempat sebagai saksi. KPU juga menghadirkan kepolisian, kejaksaan, dan PPK se-Kota Pasuruan guna menyaksikan pembukaan kotak suara tersebut.

“Kami sudah menyiapkan DAB (daftar alat bukti) yang berkaitan dengan sengketa PHPU. Kotak suara telah dibuka untuk mengambil dokumen hasil pemungutan dan penghitungan suara. Itu, nanti yang akan digunakan sebagai alat bukti dalam penyelesaian PHPU di MK,” kata Hasan kepada radarbromo.jawapos.com, Jumat (5/7).

Dia menjelaskan, kotak suara dibongkar setelah terbit Surat Edaran KPU RI bernomor 934/PY.01.1-SD/03/KPU/VII/2019 tentang Pembukaan Kotak Suara. Di sisi lain, dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) Permohonan PHPU, KPU Kota Pasuruan menjadi salah satu penyelenggara di Dapil II Jawa Timur untuk pemilihan DPR RI.

Penyelesaian PHPU di MK ini dilakukan setelah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggugat hasil perolehan suara DPR RI di Pasuruan. PPP menilai ada selisih perolehan suara yang terjadi di 12 kecamatan di Kabupaten Pasuruan dan di Kota Pasuruan.

Perbandingan selisih suara mencapai 199.815. Perolehan suara versi PPP sebanyak 101.233. Sedangkan versi penghitungan KPU sebesar 301.048.

“Dokumen alat bukti yang sudah dileges, digandakan dan sudah diberi tanda kode bukti nantinya akan diserahkan ke KPU RI,” ucap Hasan.

Mesti demikian, kapan sidang dilakukan, tergantung MK. KPU Kota Pasuruan hanya menyiapkan alat bukti untuk dibawa ke sidang. Sementara sidang, diikuti oleh KPU RI atau KPU Jawa Timur. (tom/fun)