Rekonstruksi Jalur Surabaya-Malang di Gempol, Median Ikut Ditinggikan

GEMPOL – Rekonstruksi jalan nasional di kawasan Gempol saat ini terus dilakukan. Selain melakukan perbaikan jalan, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) juga tengah berencana melakukan peninggian median jalannya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, ruas median jalan yang ditinggikan itu mencapai sekitar 8,4 kilometer. Mulai dari Kepulungan hingga Kejapanan, Kecamatan Gempol.

“Dikerjakan sisi sebelah selatan dulu, yakni di Kepulungan. Nanti secara simultan bergerak ke utara hingga di Kejapanan,” ujar Kaur Tata Usaha Balai BBPJN VIII Surabaya Daniel Richard.

Untuk peninggian median di lapangan dan saat ini dikerjakan, ia katakan pembiayaannya dari APBN, include dengan peningkatan jalannya. Menurutnya, peninggian median diperlukan. Sebab, rekonstruksi jalan nasional dengan cara di-hotmix hingga dua lapis.

“Median jalan yang ada, hanya kami tinggikan hingga enam sentimeter saja. Jadi, harus dibongkar lebih dulu, baru setelah itu ditinggikan,” bebernya.

Khusus untuk pekerjaan fisik peninggian median ini, ia tegaskan beda dengan peningkatan jalannya. Karena semua dikerjakan pada pagi hingga sore hari agar tidak membahayakan pekerja di lapangan.

“Peninggian median sudah berjalan sepekan terakhir, kami targetkan tuntas paling lama akhir November nanti,” jelasnya. (zal/mie)