Proyek MAN IC Grati Baru Tuntas 3-4 Tahun Lagi

GRATI – Proyek pembangunan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) sudah berlangsung sejak 2017 lalu. Meski begitu, proyek multiyears itu diprediksi baru rampung keseluruhan 3-4 tahun mendatang.

Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan Muhammad As’adul Anam menjelaskan, sebelumnya target pembangunan MAN IC hanya berlangsung lima tahun. Berarti prediksi awal rampung keseluruhan 2022. Namun, dari kondisi yang sudah jalan, proyek itu diprediksi rampung lebih lama.

“Molor karena melihat dari pembiayaan 2 tahun pertama masih cukup minim. Baru di tahun ke tiga sudah cukup tinggi hingga Rp 18,2 miliar,” terangnya.

Dijelaskan, bahwa saat memulai Grand Desain untuk MAN IC Pasuruan, saat itu pada tahun 2014 diperkirakan kebutuhan pembangunan MAN IC mencapai Rp 77 miliar. “Namun, karena waktu itu perhitungan tahun 2014, saat ini diperkirakan bisa naik lagi dan bisa lebih lama,” terangnya.

Anam mengatakan, saat ini pembiayaan memang sudah lewat Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Jika pada 2017 masih Rp 3,5 miliar dan di tahun 2018 sebesar Rp 4 miliar. Baru di tahun 2019 ini mencapai Rp 18,2 miliar. Sedangkan tahun depan, Kemenag Kabupaten Pasuruan kembali mengusulkan anggaran sebesar Rp 22 miliar.

Dengan pembiayaan seperti itu, maka dipastikan MAN IC masih berlangsung sampai 3-4 tahun ke depan. Dikatakan masih banyak pembangunan yang diperlukan, misal gedung kelas, perkantoran, asrama guru, aula, dan sebagainya.

“Jadi, kemungkinan masih 3-4 tahun lagi untuk menyelesaikan pembangunan MAN IC, itu pun masih perlu kita perhitungkan lagi dan menyesuaikan dengan kebutuhan anggaran terbaru. Sehingga, sesuai dengan kebutuhan saat ini,” jelasnya. (eka/mie)