Pembangunan Balai Latihan Kerja Masih Dikaji

PURWOREJO – Rencana Pemkot membangun balai latihan kerja (BLK) di Kota Pasuruan terus dimatangkan. Pembangunannya sendiri dipastikan tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, Pemkot masih melakukan kajian.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan, Mahbub Effendi mengungkapkan rencana pembangunan BLK masih berlanjut. Namun, rencana ini belum masuk ke Disnaker. Melainkan masih dimatangkan konsepnya di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan daerah (Bappedalitbangda).

“Masih berlanjut. Cuma belum masuk ke Disnaker. Jadi saya belum bisa bicara banyak. Yang jelas masih dikaji oleh Bappedalitbangda saat ini,”ungkapnya.

Mahbub menjelaskan, pembangunan BLK ini diharapkan menjadi solusi untuk mengurangi angka pengangguran terbuka di kalangan usia produktif antara 20-40 tahun. Salah satu fungsi BLK sendiri berupa pengadaan pelatihan kerja bagi masyarakat di Kota Pasuruan yang masih belum bekerja.

“Sementara ini, BLK masih menjadi satu gedung dengan kantor Disnaker di Jalan Untung Suropati, Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo,” jelas Mahbub.

Kepala Bappelitbangda Kota Pasuruan, Adri Joko Srijono membenarkan jika rencana pembangunan BLK masih dikaji. Kajian ini berupa konsep dan teknis dari BLK itu sendiri. Kajian ini bakal menjadi dasar dari BLK itu nantinya. (riz/fun)