Mobil Ambulans untuk Kelurahan Dibeli Off The Road

KANIGARAN – Pemerintah Kota probolinggo akan segera merealisasikan rencana ambulans kelurahan bagi 29 kelurahan. Selain itu juga akan ada mobil untuk dokter keliling yang akan siaga ketika ada warga yang sakit.

Hal ini diungkapkan Hadi Zainal Abidin, Walikota Probolinggo saat rilis program 99 hari kerja beberapa waktu lalu. “Untuk pengadaan mobil ambulans keliling ini akan dilakukan pada Perubahan APBD 2019. Akan dianggarkan 29 ambulans untuk 29 kelurahan serta 2 mobil untuk dokter keliling,” ujarnya memastikan.

Sayangnya wali kota tidak menyebutkan secara pasti besaran anggaran untuk ambulans ini. Proses pengadaan akan menggunakan mekanisme off the road.

“Perkiraan jika dari anggaran P-APBD, proses pembelian dilakukan bulan November 2019. Sedangkan proses surat-surat kendaraan kan tidak bisa sebentar. Paling tidak 6 bulan. Jika 6 bulan, maka bisa jadi catatan BPK karena kendaraan sudah dibeli, tapi surat-suratnya tidak selesai. Padahal ini hanya persoalan administrasi saja,” tambahnya.

Sehingga diputuskan untuk mekanisme pembelian mobil untuk ambulans dan mobil dokter keliling ini akan dilakukan melalui off the road. “Baru pada tahun 2020 dilakukan proses penyelesaian surat-surat kendaraannya,” jelasnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Pemkot Probolinggo berencana menyiapkan 1 mobil ambulans di setiap kelurahan. Mobil ambulans ini juga akan dilengkapi dengan tenaga sopir yang khusus untuk membantu warga yang sakit untuk ke rumah sakit. (put/fun)