Jadwal Pencairan Penyaluran Bantuan Dimajukan Dua Pekan Lebih Awal

PASURUAN – Pemerintah memutuskan untuk mencairkan dana bantuan pangan non tunai lebih awal setiap bulannya. Hal itu mulai berlaku sejak akhir triwulan kedua tahun ini. Tepatnya pada penyaluran bantuan bulan Juni lalu.

Kabid Fakir Miskin Dinas Sosial Kota Pasuruan Mansur menyebut, pihaknya telah menerima pemberitahuan dari tingkat kementerian mengenai hal itu. Sementara jadwal penyaluran bantuan dimajukan dua pekan setiap bulannya.

Semula penyaluran digelar setiap tanggal 25. Kini penyaluan bantuan digelar per tanggal 10 tiap bulannya. Hal itu berlaku sejak bulan Juni. Namun penyaluran bantuan pada bulan Juni lalu baru digelar pada tanggal 18 hingga 21. Sebab, surat pemberitahuan diberikan pada tanggal 11 Juni.

“Setelah ada instruksi dari pusat kami langsung berkoordinasi dengan pihak bank serta tenaga pendamping untuk membahas waktu pelaksanaan bulan Juni lalu,” katanya.

Karena keterbatasan waktu, penyaluran baru bisa dilaksanakan tujuh hari setelah Dinsos menerima pemberitahuan. Meski begitu, Mansur menegaskan penyaluran bantuan bulan berikutnya dapat tepat waktu.

Ia juga menambahkan, pemberian dana di awal bulan itu akan lebih baik. Sebab penerima bantuan dapat segera memanfaatkan guna memenuhi kebutuhan pangan.

Untuk diketahui, dana bantuan pangan non tunai yang merupakam pengganti program rastra itu diberika dalam bentuk natura. Artinya setiap penerima mendapat bantuan beras dan telur senilai Rp 110 ribu tiap bulan. Di Kota Pasuruan, jumlah penerima bantuan sebanyak 7.525 orang. (tom/fun)