Dua Bulan Operasional, Tol Pandaan-Malang Masih Gratis

PURWODADI – Sejak dioperasikan jelang Lebaran lalu, ruas tol Pandaan-Malang sejauh ini masih di-gratis-kan. Belum diketahui, kapan mulai dilakukan penarikan tarif pada jalan bebas hambatan yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 13 Mei lalu itu.

“Tercatat hampir dua bulan sudah operasional ruas jalan tol Pandaan-Malang. Sejauh ini, masih nontarif atau gratis. Ini akan berlangsung sampai ada keputusan menteri turun. Tepatnya dari Kementerian PUPR RI,” beber Humas PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Tri.

Agus sendiri belum mengetahui kapan keputusan menteri itu turun. Menurutnya, saat ini soal penetapan tarif tol Pandaan-Malang itu masih dalam proses pembahasan di Jakarta. Dengan melibatkan tiga instansi terkait. Yakni, Bina Marga Pusat, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dan Kementerian PUPR.

Pihak PT Jasamarga Pandaan-Malang sendiri hanya sekadar memberi usulan semata. Serta, menyampaikan laporan terkini kondisi di lapangan.

“Kalau kami berharap, Kepmen beserta tarifnya segera turun. Sehingga, ada pendapatan masuk untuk operasionalnya. Karena kewenangannya ada di pusat yang menentukan dan memutuskannya, jadi hanya bisa menunggu saja,” jelasnya. (zal/mie)