Proyek Tambahan 1.200 PJU di Kabupaten Pasuruan Tunggu Lelang    

BANGIL–Penambahan ribuan lampu penerang jalan umum (PJU) di Kabupaten Pasuruan belum terealisasi sejauh ini. Proses lelang yang belum rampung, membuat pemasangan lampu-lampu itu belum dilakukan hingga awal Juli ini.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Cahyo Fajar menyampaikan, tahun ini pemkab bakal menambah sebanyak 1.200 PJU. Pemasangan tersebut dilakukan untuk membuat sejumlah jalan di wilayah Kabupaten Pasuruan lebih terang.

Hal ini dimaksudkan dalam mendukung konektivitas jalan antardesa. “Agar jalan-jalan di Kabupaten Pasuruan bisa terang dan aman,” kata Cahyo Fajar saat ditemui di kantornya.

Menurut Cahyo, Pemkab telah menyiapkan dana hingga Rp 11 miliar untuk pemasangan ribuan PJU itu. Dana itu dialokasikan dari APBD 2019. Besaran anggaran tersebut, tak sebesar tahun sebelumnya.

Pada 2018 lalu, pemkab setempat menyiapkan dana hingga Rp 24 miliar untuk pemasangan lebih dari 2 ribu PJU. “Sebagian dilelang. Sebagian lainnya melalui penunjukan langsung,” imbuhnya.

Ia menyampaikan, belum seluruhnya lampu PJU itu terpasang. Karena masih dalam proses lelang. Sebagian lainnya, masih proses perencanaan. “Kami ancang-ancang, Agustus sudah mulai dilakukan pemasangan,” urainya. (one/mie)