Motivasi Koperasi untuk Aktif-Tertib lewat Koperasi Award

 MAYANGAN- Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Probolinggo, terus mendorong koperasi untuk terus berkembang. Menyambut Hari Koperasi 2019, digelarlah Koperasi Award. Event ini bertujuan mendorong dan memotivasi sejumlah koperasi di Kota Probolinggo untuk lebih tertib.

Kemarin, tim Koperasi Award melakukan visitasi ke koperasi peserta lomba. Setelah dilakukan penyaringan, ada 18 koperasi Kota Probolinggo yang layak masuk nominasi Koperasi Award. Belasan koperasi itu telah dikunjungi dan dinilai langsung oleh tim Koperasi Award, sejak Senin (1/7). “Kami ingin memberikan penghargaan bagi koperasi di Kota Probolinggo. Penghargaan ini diberikan kepada koperasi yang aktif dan tertib,” ujar Ketua Dekopinda Kota Probolinggo Agus Lithanta.

Agus mengatakan, ada ratusan koperasi di Kota Probolinggo. Namun, tidak semua aktif dan tertib. Karenanya, pihaknya menyaring dan memberikan penilaian pada koperasi yang aktif dan tertib. “Paling tidak, mereka tertib mengadakan RAT (rapat akhir tahun). Karena jika selama dua tahun tidak diadakan RAT, koperasi itu tidak sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Koperasi Award Aprilia Hartanti mengatakan, kemarin ada sejumlah koperasi yang divisitasi. Salah satunya, KPRI Eka Kapti Kota Probolinggo. Koperasi Award ini harus menjadi motivasi bagi koperasi-koperasi lain. “Kami berharap dengan Koperasi Award, koperasi bisa tertib administrasi. Mulai administrasi usaha, permodalan, memiliki visi-misi, serta anggaran dasar sebagai petunjuk pelaksanaan,” ujarnya. (mas/rud)