Duh, Sudah 3 Bulan Honor GTT Probolinggo Belum Cair  

MAYANGAN-Kesabaran ratusan guru tidak tetap (GTT) di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Probolinggo diuji. Kini, honor mereka untuk tiga bulan terakhir (Mei, Juni, Juli) belum cair.

Salah seorang GTT di Kota Probolinggo R membenarkan belum adanya pembayaran gaji GTT. Menurutnya, belum cairnya gaji GTT ini bukan karena tidak adanya anggaran khusus di Disdikpora.

“Honor atau gaji GTT ini sumbernya dari dana BOS. Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) ini bisa cair berdasarkan hasil rekonsiliasi dari sekolah. Jika sekolah bisa segera menyelesaikan rekonsiliasi dana BOS, bisa segera cair,” ujarnya.

Kepala Disdikpora Kota Probolinggo Moch. Maskur juga membenarkan jika gaji GTT-nya belum cair. Itu, dikarenakan belum cairnya dana BOS dari Pemerintah Pusat. “Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) sudah menyampaikan, dana BOS Mei, Juni, Juli, ada keterlambatan. Namun, penyebab keterlambatan ini apa, belum tahu,” ujarnya.

Disinggung mengenai kapan pencairan BOS, Maskur juga tidak bisa memastikan. Mengingat, pencairan BOS merupakan kewenangan Kementerian. Karenanya, pihaknya tak bisa berbuat banyak. “Kalau untuk BOS Daerah atau Bosda, sudah cair,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Pusat telah mengeluarkan petunjuk teknis mengenai penyaluran dana BOS reguler. Salah satu komponen yang bisa dibiayai dari dana BOS adalah pembayaran honor bagi GTT maupun Pegawai Tidak Tetap (PTT) di sekolah.

Di Kota Probolinggo, ada 512 GTT-PTT yang telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Probolinggo. Dengan adanya SK Wali Kota ini, ratusan GTT-PTT itu berhak mendapatkan honor yang bersumber dari dana BOS. (put/rud)