Ciduk Tiga Pengedar Sabu, Dua dari Kraksaan, Satu dari Sampang

PAJARAKAN- Para pengedar sabu-sabu yang beraksi di wilayah hukum Polres Probolinggo, seakan tidak pernah ada habisnya. Kamis (4/7), Satreskoba Polres Probolinggo membekuk tiga orang. Mereka disangka sebagai pengedar sabu-sabu.

Dari tiga tersangka, dua di antaranya merupakan warga Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Yakni, Sulis Hardianto, 36, warga Kelurahan Semampir dan Zainul Hasan, 32, warga Desa Bulu. Sedangkan, tersangka lainnya adalah Mausul, 25, warga Desa Temoran, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

Ketiga tersangka ditangkap di dua tempat berbeda. Sulis ditangkap di pinggir jalan Desa Asembagus, Kecamatan Kraksaan. Sedangkan, Hasan dan Mausul diamankan di sebuah rumah di Desa Bulu.

Kasatreskoba Polres Probolinggo Iptu Sujilan mengatakan, ketiga tersangka saling berkaitan. Sabu-sabu yang mereka miliki muaranya dari Hasan. Kemudian, diedarkan kepada dua orang lainnya. Hasan mendapatkan barang dari luar Kabupaten probolinggo. “Hasan memasok barang dari luar sekaligus mengedarkan. Sedangkan, Mausul dan Sulis mengedarkan di Probolinggo,” ujarnya.

Selain berhasil menangkap para tersangka, penyidik juga mengamankan barang bukti. Dari Sulis, polisi mengamankan satu paket sabu seberat 0,68 gram, satu unit handphone, dan selembar kertas pembungkus rokok.

Dari Hasan diamankan dua paket sabu. Masing-masing seberat 0,52 gram dan 0,55 gram. Juga sebuah pipet kaca, 4 buah sedotan modifikasi, 7 buah korek api, 1 alat hisap, 1 gelas, 1 kotak kayu, selembar kertas pembungkus rokok, dan 1 unit handphone.

Sedangkan, dari Mausul diamankan dua unit handphone. “Karena perbuatannya, mereka kami kenakan pasal 114 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (1) subsider pasal 132 ayat (1) UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika,” ujarnya. (sid/fun)