Amankan 11 Anjal di Pasuruan, 1 Diantaranya Perempuan

WONOREJO–Musim liburan sekolah ini, Satpol PP Kabupaten Pasuruan kian intens melakukan operasi anak jalanan (anjal). Rabu malam (3/7), sebanyak 11 Anjal mulai dari Purwodadi, Purwosari, sampai di Wonorejo diamankan.

Operasi anjal ini dilakukan pada malam setelah Isya di wilayah barat sampai ke tengah Kabupaten Pasuruan. “Hasilnya, kami amankan 3 anjal di Purwodadi, 1 di Purwosari, dan 7 di Wonorejo,” terang Ajar Dollar, kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

Sejumlah anjal yang diamankan itu, langsung dikirim ke Rumah Singgah Bina Hati Kabupaten Pasuruan untuk dilakukan pembinaan.

Wahyu Widodo, kasi Pelayanan Rehabilitas Sosial Dinsos Kabupaten Pasuruan mengatakan, usia 11 anjal itu mulai 15-19 tahun. Kebanyakan anjal yang terkena razia ini karena ikut-ikutan atau salah pergaulan. Termasuk mengamen, sehingga meresahkan masyarakat sekitar.

Ironisnya, dari 11 Anjal yang diamankan itu, 1 di antaranya perempuan. Seorang anjal diketahui asal Nganjuk. Sementara 10 lainnya asal Purwosari, Kejayan, dan Wonorejo.

Anjal yang dibawa ke rumah singgah sendiri diberikan assessment. Dari pendataan sampai bimbingan psikologi. Setelah itu, anjal dikembalikan ke keluarganya agar lebih diperhatikan dan tidak lagi turun ke jalanan.

“Untuk yang dari luar daerah, kita koordinasi dengan Dinsos asal agar bisa dipulangkan juga ke keluarganya,” terangnya. (eka/mie)