Tetapkan Caleg, KPU Kota Probolinggo Tunggu Surat Resmi MK

MAYANGAN – KPU Kota Probolinggo melakukan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Anggota DPRD Kota Probolinggo Terpilih, Rabu (3/7). Namun, KPU belum membacakan Surat Keputusan (SK) penetapannya.

Alasannya, masih menunggu surat resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ada atau tidaknya gugatan pelanggaran Pemilu 2019. “SK Penetapan memang belum disampaikan. Kami masih menunggu surat resmi dari MK. Mungkin nanti malam suratnya sudah ada. Kalau sudah ada, akan kami sampaikan mungkin dalam rapat pleno di kantor KPU,” ujar Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri.

Meski SK Penetapan caleg belum disampaikan, namun nama-nama caleg yang akan dilantik telah diumumkan oleh KPU. Para caleg terpilih ini harus memenuhi persyaratan kelengkapan dokumen sebelum dikukuhkan. “Seperti penyampaian Laporan Harta Kekayanaan Pejabat Negara (LHKPN). Jika tidak segera mengumpulkan bukti pelaporan LHKPN, sanksinya bisa tidak dilantik,” ujarnya.

Hudri mengatakan, jika tidak ada kendala, pelantikan anggota DPRD Kota Probolinggo periode 2019-2024, akan dilakukan pada 24 Agustus 2019. “Lebih tepatnya dilakukan pengambilan sumpah jabatan. Yang mengambil sumpah nanti dari Pengadilan Negeri,” ujarnya. (put/rud)