Penetapan Caleg Terpilih di Kota Pasuruan Digelar Malam Ini

PASURUAN – Wajah-wajah baru yang bakal menjabat sebagai anggota DPRD Kota Pasuruan dalam periode lima tahun ke depan bakal segera diketahui. KPU setempat telah mengagendakan rapat pleno penetapan caleg terpilih malam ini (4/7).

Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Teknis, Helmi menyebutkan, penetapan caleg terpilih itu diagendakan setelah KPU menerima surat pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi melalui KPU RI. Hasil pemilihan DPRD Kota Pasuruan, kata Helmi, tidak menyisakan gugatan di tingkat MK.

“BRPK (buku register perkara konstitusi) sudah ada pada 1 Juli kemarin. Tidak ada gugatan perkara untuk pemilihan DPRD Kota Pasuruan. Sehingga KPU harus segera menetapkan caleg terpilih berdasarkan hasil Pemilu kemarin,” katanya.

Di samping itu, KPU juga harus mempertimbangkan pelaksanaan rapat pleno penetapan caleg terpilih. Ketentuannya yakni tiga hari pasca BRPK diterbitkan. “Karena itu, kami gelar di hari ketiga pasca BRPK muncul,” ujarnya.

Mimi -sapaan akrabnya menjelaskan bahwa rapat pleno sempat direncanakan untuk digelar pagi ini. Namun pihaknya mempertimbangkan apabila ada instruksi dari KPU RI mengenai pelaksanaan rapat pleno penetapan.

“Mulanya rapat pleno akan digelar pagi. Namun dijadwalkan ulang nanti malam. Agar bisa gugur tugas sesuai ketentuan tiga hari setelah BRPK,” jelasnya.

Ia menyebut, dalam rapat pleno nanti KPU akan mengundang dua saksi dari masing-masing partai politik. “Kami sampaikan sistemnya serta perhitungan jumlah kursi dan penetapan caleg terpilih. Begitu juga dengan jumlah kursi yang didapat setiap parpol maupun peringkat kursinya,” tandasnya. (tom/fun)