Lakukan Peremajaan Jaringan Listrik, Padam Serentak

KADEMANGAN – Pemadaman listrik serentak terjadi di sejumlah wilayah Kota-Kabupaten Probolinggo, Rabu (3/7). Alasannya, PLN tengah melakukan peremajaan jaringan listrik dan pembersihan ranting-ranting pohon.

Manajer Bagian Jaringan OP3 PLN Pasuruan Muhammad Zainuri mengatakan, pemadaman listrik serentak ini telah direncanakan. Serta, telah melakukan sosialisasi dan pemberitahuan kepada masyarakat terdampak. “Pemadaman listrik kami lakukan di beberapa titik,” katanya.

Zainuri menjelaskan, pemadaman listrik di wilayah Kota Probolinggo terjadi di sebagian wilayah Jalan Gubernur Suryo, Jalan Citarum, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Anggrek, dan sekitarnya. Semua itu masuk wilayah Kecamatan Kademangan. “Kami mengganti material tua dan rabas. Karena alat jaringan listrik yang sudah tua, akan rawan dan harus dilakukan peremajaan,” ujarnya.

Sedangkan, di wilayah Kabupaten Probolinggo, kata Zainuri, dilakukan pemadaman listrik karena ada perbersihan ranting-ranting pohon di wilayah Kecamatan Tegalsiwalan. Namun, hanya sebagian desa yang terjadi pemadaman listrik. “Kami sudah berikan pemberitahuan terkait rencana pemadaman listrik,” ujarnya.

Pemadaman dilakukan mulai pukul 09.00 sampai sekitar pukul 16.00. Peremajaan dan pembersihan ranting pohon, kata Zainuri, tidak dapat dihindari. Sebab, sejumlah pohon di sekitar jaringan listrik akan terus tumbuh dan tinggi. Jika tidak dipangkas, bisa menjadi pemicu gangguan listrik. “Peremajaan itu dilakukan di sekitar wilayah yang dilakukan pemadaman. Tidak hanya satu titik,” ujarnya. (mas/rud)