Tiga Kecamatan Rawan Gangguan Listrik akibat Jaringan Terganggu Ranting Pohon

SUMBER – Tiga kecamatan di Kabupaten Probolinggo rawan terjadi gangguan listrik. Di tiga kecamatan itu, banyak pohon tinggi dan berdekatan dengan jaringan listrik. Tiga kecamatan itu, Kecamatan Tegalsiwalan, Sumber, dan Sukapura.

Selasa (2/7), sejumlah 50 petugas PLN dikerahkan untuk memotong ranting pohon yang menyentuh ataupun mendekati jaringan listrik. Itu, dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya gangguan jaringan.

Manajer Bagian Jaringan OP3 PLN Pasuruan Muhammad Zainuri mengatakan, Kabupaten Probolinggo memiliki wilayah yang cukup luas. Ada tiga wilayah kecamatan yang rawan terjadi gangguan listrik. “Pemadaman listrik itu ada dua. Terencana dan tidak terencana. Jika ada gangguan, itu tidak terencana. Di Kabupaten Probolinggo, Kecamatan Tegalsiwalan, Sumber, dan Sukapura yang rawan terjadi gangguan,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Bromo.

Zainuri menjelaskan, untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya pemadaman listrik akibat gangguan, pihaknya melakukan dua hal. Melakukan pemeliharaan rutin dengan dilakukan pemadaman terencana. Serta, memotong ranting-ranting pohon yang mendekati jaringan listrik.

Sebab, jika sampai ranting pohon menyentuh atau roboh mengenai jaringan listrik, bisa mengakibatkan ganguan listrik. Bahkan, bisa menyebabkan travo listrik meledak. “Hari ini (2/7), kami kerahkan 50 petugas untuk memotong ranting-ranting pohon di wilayah Sumber. Diperkirakan sehari-dua hari tidak selesai bersihkan ranting-ranting pohon di sekitar jaringan listrik,” ujarnya.

Selain itu, Zainuri mengaku, pihaknya membutuhkan dukungan dan kesadaran masyarakat. Sebab, selama ini banyak mendapati pemilik pohon tinggi yang mengganggu jaringan listrik tidak bersedia rantingnya dipangkas. Padahal, pihaknya tidak pernah meminta biaya untuk memotongnya.

Sedangkan, jika tidak dipotong, bisa mengakibatkan ganggu jaringan listrik. “Kami lakukan pemotongan ranting pohon itu supaya tidak terjadi gangguan listrik. Jika tidak ada gangguan, warga akan merasakan manfaat listrik,” ujarnya. (mas/fun)