Spesialis Curanmor di Toko Modern, Dua Warga Jorongan Ditangkap

MAYANGAN-Satreskrim Polres Probolinggo Kota (Polresta) juga berhasil menangkap spesialis pelaku curanmor di toko modern. Dari tiga pelaku, dua sudah ditangkap. Satu lagi masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Dua spesialis curanmor di toko modern tersebut yakni Rohim, 24 dan Mohammad Sholeh Nasuri, 30. Keduanya berasal dari Dusun Campuran, Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Sedangkan satu lagi yang hingga kini buron yakni FN.

Dalam pers rilis yang digelar Polresta, Selasa (2/7) siang, Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, tiga pelaku punya peran beda-beda dalam menjalankan aksisnya. Muh Sholeh berperan sebagai ekskutor, sedangkan Rohim dan FN bertugas mengawasi. FN juga memiliki tugas sebagai joki. Pada Kapolresta, Sholeh mengaku baru melakukan aksinya itu satu kali pasca ditangkap dengan kasus yang sama.

Akibat perbuatan itu, keduanya dijerat pasal 363 ayat (1) ke 4 dan ke 5 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sementara untuk DPO, petugas saat ini sudah mengantongi identitasnya. “Untuk yang DPO ini, kami sudah kantongi identitasnya. Jadi, sesegera mungkin kita akan lakukan tindakan,” bebernya.

Hasil dari interogasi pada pelaku, motor  Yamaha Mio Soul nopol N 5669 PR tahun 2009 warna hijau yang dicurinya dijual Rp 800 ribu. Selanjutnya, ketiga orang itu mendapatkan masing-masing Rp 200 ribu. Sisanya Rp 200 ribu dibelikan minuman beralkohol dan makanan.

“Jadi, motor curiannya itu hanya dijual Rp 800 ribu dan mereka dapat Rp 200 ribu per orang, sisanya buat beli makan dan minum. Lha, ini kan tak sebanding dengan hukuman yang mereka jalani,” ungkap AKBP Alfian.

Selain itu, ketiganya merupakan spesialis curanmor di toko modern. Misalkan konter HP, Indomaret, Alfamart, serta toko modern lainnya.

Pencurian itu sendiri terjadi Jumat, 31 Maret 2017 pukul 17.30. Pelaku melakukan aksinya di dalam gang  sebelah selatan Langgeng Cell yang berada di Jl Dr Soetomo, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan.

Mulanya pelaku melihat dan sempat membuntuti pelanggan konter tersebut. Setelah pelanggan (korban) yang diketahui bernama Muhamad, 32, warga Jl Ikan Dorang, Kelurahan/Kecamatan Mayangan, masuk ke dalam konter, pelaku yang berboncengan tiga putar arah, kini mereka berlawanan jalur.

Selanjutnya, dua dari tiga pelaku itu turun dari kendaraannya, yang satu bersiap di kendaraannya, sedang lainnya ada yang melihat situasi dan pula yang mengeksekusi kendaraan.

“Sebetulnya ada tiga kendaraan yang kuncinya dirusak dengan kunci T, namun yang menyala hanya satu. Jadi, yang menyala itu yang dibawa kabur oleh pelaku,” tandasnya. (rpd/rud)