Pekan Depan Perbaikan Miniatur Kakbah Harus Rampung

GENDING – Perbaikan Miniatur Kakbah, di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, terus dikebut. Proyek dengan anggaran sekitar Rp 73 juta dari APBD 2019, ditargetkan rampung pada pekan depan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng melalui Kasi Destinasi Wisata Musa mengatakan, Miniatur Kakbah membutuhkan pemeliharaan. Sebab, banyak cat dan acian bangunan yang rusak. “Memang sudah waktunya direhab dan dicat ulang karena kondisinya banyak rusak, kulit dan catnya,” ujarnya, Selasa (2/7).

Karenanya, melalui APBD 2019, dialokasikan anggaran sekitar Rp 73 juta. Proyek yang dikerjakan rekanan yang ditunjuk langsung itu, digarap sejak sekitar dua pekan lalu. Pelaksanaannya ditargetkan merampungkan pekan depan atau sebelum 10 Juli. Yakni, saat pelepasan calon jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo. “Karena 10 Juli besok akan ada cara pelepasan calon jamaah haji di sini (Miniatur Kakbah),” ujarnya.

Dalam pemeliharaan Miniatur Kakbah, Musa mengatakan, membongkar kulit atau acian dinding yang lama. Karena banyak kulit dinding yang sudah rapuh dan mudah terbongkar. “Kami juga minta pelaksana menggunakan cat yang bagus. Sehingga, tidak mudah melupas atau rusak,” ujarnya. (mas/fun)