Memilih Penginapan dekat Venue, Siasat Kontingen Porprov di Pasuruan-Probolinggo

DENGAN target yang sudah diusung, setiap kontingen juga sudah menyusun siasat. Termasuk memilih penginapan para atlet dan ofisial. Seperti yang diungkapkan humas KONI Kabupaten Pasuruan, M. Hidayat yang menguraikan, jauh-jauh hari, pihaknya sudah melakukan survei tempat menginap para atlet dan pelatih.

Kesiapan itu dilakukan, agar para atlet dan pelatih dari kontingen Kabupaten Pasuruan bisa nyaman. “Baik dari sisi menginap ataupun konsumsinya,” terangnya.

Ia menambahkan, penginapan para atlet dan pelatih, disesuaikan dengan lokasi pertandingan. Jarak antara lokasi pertandingan dengan penginapan, dipilih yang dekat. Supaya, para atlet dan pelatih tidak lelah dalam perjalanan menuju lokasi pertandingan.

“Survei kami sudah lama. Kami memilih penginapan, di sekitar lokasi pertandingan,” imbuhnya.

KONI Kota Pasuruan sudah menyiapkan mess atau penginapan bagi atlet yang terjun di ajang Porprov 2019. Penginapan ini terletak di lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau bagi atlet menuju venue tempat mereka bertanding.

Sugeng Pradikto selaku ketua KONI menjelaskan, ada empat mess yang sudah disiapkan untuk tempat penginapan atlet. Mess di Kabupaten Bojonegoro berlokasi di Hotel Syariah di Jalan Matoh, Jamberan, Kecamatan Sukorejo. Mess ini bakal digunakan oleh 37 atlet dan official untuk cabor catur, bola voli dan pentaque.

Lalu mess di Kabupaten Tuban berlokasi di Hotel Mustika di Jalan Tengku Umar. Mess ini bakal digunakan sebagai penginapan oleh 71 atlet dan official bagi cabor kempo, tinju, karate, bulutangkis dan atletik.

“Untuk Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan, kami tidak kebagian. Baik, tempat penginapan, hotel, maupun guest house sudah penuh,”jelasnya.

Karena itu pihaknya membuat solusi dengan mencari mess yang paling dekat dengan venue atlet bertanding. Yaitu, untuk Kabupaten Gresik berlokasi di Hotel Bella, Kota Surabaya. Lokasi ini dekat dengan pintu tol di Darmo. Sehingga bisa ditempuh selama 15 menit.

Hotel ini bakal digunakan untuk tempat menginap bagi 145 atlet dan ofisial bagi cabor renang, senam, selam, biliar, bridge, bola basket dan hokey. Sementara untuk Kabupaten Lamongan berlokasi di Bintang Atur Guest House di Jalan Raya Babat Kabupaten Jombang.

“Ini bakal digunakan sebagai tempat menginap bagi 74 atlet dan ofisial untuk cabor pencak silat, panjat tebing, wushu, taekwondo dan menembak,”tutur Sugeng.

Tempat penginapan ini sangat penting bagi atlet untuk menunjang pelaksanaan Porprov nanti. Meski ada yang tak menginap di hotel, itu bukan menjadi kendala. Seperti KONI Kabupaten Probolinggoyang juga memakai mess.

“Tetapi, nanti kami cek lagi untuk benar benar layak atau tidak tempatnya. Itu demi kenyamanan para atlet dan juga kontingen,” ungkap Richard, Humas KONI Kabupaten Probolinggo. (one/riz/sid/rpd/fun)