Ditinggal Cari Rumput, Rumah di Kejayan Ludes Terbakar

KEJAYAN – Ketenangan warga Desa Randugong, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan mendadak buyar Selasa pagi (2/7). Itu setelah sebuah rumah milik warga setempat dilalap si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materiil mencapai puluhan juta.

Informasinya, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 08.00 di rumah milik Nur Anas, 72, warga Dusun Krajan, RW 3 RT 1. Kebetulan saat itu rumah sedang kosong pasalnya Nur Anas sedang mencari rumput sementara istrinya berada di sawah.

Tak lama kemudian, tetatangga rumah korban, Hojin melihat ada kepulan asap dari ruang tengah rumah korban. Dia lantas memanggil warga sekitar untuk membantu memadamkan api. Namun, api dengan cepat membesar.

Bangunan rumah yang berupa kayu membuat api melalap seisi rumah milik Nur Anas yang memiliki ukuran sekitar 8×10 meter itu. Bahkan api sempat menjalar ke rumah milik putra kandung Nur Annas yaitu Subadar dan membakar bagian atap.

Kepanikan sendiri sempat terjadi. Maklum saja, rumah semi permanen ini berada di tengah lingkungan padat penduduk. Warga dibantu dengan perangkat desa setempat saling bahu membahu memadamkan api. Mereka menggunakan alat seadanya. Seperti timba dan gayung. Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam.

Kapolsek Kejayan, AKP Sumaryanto membenarkan peristiwa kebakaran di Desa Randugong. Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan sejumlah saksi diketahui jika tidak ada faktor kesengajaan. Kebakaran ini murni karena korsleting listrik.

“Api berasal dari percikan di ruangan tengah. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. maklum sedang ditinggal penghuni. Kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah. (riz/fun)