Baru Dua Parpol di Kab Probolinggo yang Serahkan LHKPN Caleg

KRAKSAAN – KPU Kabupaten Probolinggo berencana menetapkan calon legislatif (caleg) terpilih, Rabu (4/7). Namun, sampai Selasa (2/7) baru dua partai politik (parpol) yang menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) caleg terpilihnya. Yakni, Partai Hanura dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Namun, KPU masih menunggu hingga terakhir pada H+7 setelah penetapan. Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengatakan, sesuai PKPU 20/2019, jika caleg yang terpilih tidak mengumpulkan LHKPN sampai H+7, pelantikannya akan ditunda. “Aturannya berbunyi begitu. Jadi, yang tidak mengumpulkan tidak akan dilantik bersamaan dengan yang lain yang telah mengumpulkan,” ujarnya.

Menurutnya, yang melaporkan baru dua parpol, Hanura dan PPP. Untuk Partai Hanura, semua caleg-nya telah melaporkan. Sedangkan untuk PPP, dari tujuh yang diprediksi terpilih, baru satu.

“Kami tunggu sampai H+7 setelah penetapan. Beberapa waktu lalu kami telah bertemu dengan parpol. Itu, untuk memberikan cara berhitung menentukan potensi caleg terpilih. Dari situ sudah bisa dilihat meski belum ditetapkan,” ujarnya.

Lukman mengatakan, penetapan caleg terpilih di daerahnya akan dilakukan Kamis (4/7). Itu, setelah pihaknya menerima kabar dan berdiskusi dengan dinas terkait, jika tidak ada gugatan. Tapi, pihaknya masih tetap menunggu instruksi dari KPU RI. “Rencananya, Kamis depan ini. Tapi, kami masih menunggu instruksi KPU RI,” ujarnya. (sid/fun)