Tol Mapan Sudah Operasional, Tapi Traffic Light Jetak Masih Flashing

DIKELUHKAN: Lampu TL di simpang empat Jetak Pandaan yang masih menyala flashing. Sehingga para pengendara mengandalkan sukarelawan pembantu lalulintas untuk penyeberangan. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN – Sudah sekitar satu bulan ruas jalan tol Pandaan–Malang telah operasional. Akan tetapi, untuk traffic light (TL) di simpang empat Jetak, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan yang terpasang di ruas jalan nasional jurusan Surabaya–Malang, hingga sekarang masih belum difungsikan normal.

Lampu pengatur lalu lintas tersebut terpantau masih menyala flashing atau menyala lampu warna kuning saja. Tak ayal, arus lalin di simpang empat tersebut kerapkali terlihat semrawut. Di lapangan, pengaturan kendaraan nyebrang hanya mengandalkan sukarelawan pembantu lalu lintas (supeltas).

Kondisi seperti ini, dikeluhkan para pengguna jalan yang melintas. Utamanya sopir roda empat hingga lebih, termasuk para pemotor lainnya.

“Dulu di-flashing tak masalah, karena tol Malang- Pandaan belum operasional. Tapi sekarang tolnya sudah beroperasi dan arus lalinnya tak macet, TL nya tetap di-flashing sampai dengan sekarang,” ungkap Maryono, sopir truk yang melintas asal Sukorejo.

Terkait ini, mendapat tanggapan dari staf Dishub Kabupaten Pasuruan bagian teknis Sugianto. Dihubungi Jawa Pos Radar Bromo via telepon, Sugianto menyebut, pihaknya sebatas sebagai operatornya saja, tapi untuk operasionalnya. Di-flashing ataukah menyala normal, kata Sugianto, itu atas petunjuk serta saran dari Satlantas Polres Pasuruan.

Flashing ini sifatnya hanya sementara, bukan permanen atau seterusnya. Tergantung situasional di lapangan. Dalam waktu dekat, segera kami koordinasikan lagi dengan Satlantas Polres Pasuruan. Apakah tetap seperti ini ataukah dioperasikan normal,” tuturnya. (zal/fun)