Terdampak Pelebaran Jalan Raya, 101 Makam di Gending Direlokasi

GENDING – Sebanyak 101 makam akhirnya dipindah, demi pelebaran Jalan Raya Gending. Ratusan makam yang terletak di seberang pabrik PT. Sasa Inti, Desa/Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo itu direlokasi.

Minggu (30/6), relokasi makam tersebut sudah mencapai separo lebih. Pengawas Jalan Nasional Candra Hervin menyebut, pembongkaran makam tersebut dilakukan sejak dua hari lalu.

Pembongkaran dilakukan secara bertahap dan Minggu, sudah lebih dari separo makam dipindah. “Sudah dua hari ini dilakukan pembongkaran. Satu persatu makam dibongkar dan mayatnya kami pindah,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurut Candra sapaannya, semua makam di pindah ke desa setempat. Ada tiga tempat pemakaman umum (TPU) yang disiapkan untuk menjadi tempat relokasi.

“Ada tiga tempat pemakaman yang disiapkan. Jadi setelah mayatnya diangkat dari sini, kami pindah ke TPU,” terangnya.

Tidak disebutkan Candra, berapa banyak makam yang telah diangkat. Namun, ia memastikan sudah berjalan hampir separo.

Relokasi itu sendiri rencananya ditargetkan selesai pada Selasa (2/7). Sebab, setelah makam-makam tersebut dipindah proyek pelebaran jalan segera dimulai kembali. “Untuk besok libur tidak ada pembongkaran. Hari Selasa baru dilanjutkan. Itu harus sudah selesai targetnya,” terangnya. (sid/hn/mie)