Penggabungan Delapan CJH Disetujui Kemenag

LOKASI PEMBERANGKATAN: Suasana pemberangkatan calon jamaah haji Kota Pasuruan di depan msjid Jamik Al-Anwar tahun lalu. Tahun ini ada Kemenag menerima empat kelompok calon jamaah haji yang mengajukan penamggabungan. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Beberapa calon jamaah haji di Kota Pasuruan mengajukan percepatan keberangkatan jamaah haji lansia dan penggabungan jamaah haji. Kementerian Agama telah menyetujui seluruh permohonan calon jamaah haji (CJH) tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kota Pasuruan, M Ismail. Ia menyebut pihaknya menerima berkas percepatan dan penggabungan dari sejunlah calon jamaah haji.

“Khusus calon jamaah haji lansia, memang Kemenag ada program percepatan. Dengan syarat sudah mendaftar minimal tiga tahun, baru bisa mengusulkan percepatan keberangkatan,” kata Ismail Minggu (27/6).

Dalam musim haji tahun ini, Kemenag menerima pengajuan percepatan keberangkatan dari dua calon jamaah haji lansia. Mereka bernama Naimah dan Suriyah. Keduanya telah mendaftar lebih dari tiga tahun lalu.

“Syarat-syaratnya sudah terpenuhi. Alhamdulillah dua calon jamaah haji lansia yang mengajukan percepatan keberangkatan disetujui. Mereka dipastikan berangkat tahun ini,” bebernya.

Selain itu, Ismail juga mengutarakan ada empat kelompok calon jamaah haji yang mengajukan penggabungan. Baik pasangan suami istri maupun orang tua dan anak.

Ia kemudian mencontohkan empat calon jamaah haji yang merupakan keluarga asal Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo. Dari empat CJH tersebut, dua diantaranya telah mendaftar lebih dulu.

“Bapak dan anak lelaki yang sudah dewasa mendaftar lebih dulu. Setelah itu, istri dan anaknya yang berusia 18 tahun mendaftar,” jelasnya.

Lantaran itu, CJH tersebut mengajukan penggabungan keberangkatan tahun ini. “Jadi Bapaknya mengajukan penggabungan dengan anak yang masih 18 tahun itu. Sedangkan istri atau ibu gabung dengan anak yang sudah dewasa. Karena penggabungan ini hanya untuk satu orang tidak boleh lebih,” tandasnya. (tom/fun)