Pemkab Hanya Bisa Tunggu Pusat soal Rencana Pasar Agro di Purwodadi

PURWODADI – Jalan tol Malang- Pandaan di wilayah Kabupaten Pasuruan sudah tuntas bahkan telah operasional. Hanya saja seiring berjalannya waktu, sampai kini rencana pembangunan pasar agro yang di sebelah utara exit gerbang tol Purwodadi, saat ini belum jelas. Pemkab Pasuruan hanya bisa menunggu pemerintah pusat.

Sejauh ini untuk pembangunannya sejauh ini masih dalam rencana dan sama sekali belum final. Ini disampaikan kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Edy Suwanto.

“Rencana dari awal memang untuk pasar agro, dan merupakan lahan milik pemkab lumayan luas. Tapi belum final, apakah diputuskan akan dibangun pasar agro ataukah lainnya,” kata Edy sapaan akrabnya.

Sejauh ini, instansinya masih berkonsultasi dengan pusat. Dan juga melakukan kajian ulang, untuk mengetahui layak atau tidaknya. Kemudian memungkinkan atau tidaknya dibangun pasar agro atau yang lain.

Selain itu, juga sekaligus mengkalkulasikan kebutuhan anggarannya. Apakah nantinya sepenuhnya dari APBD kabupaten ini, ataukah mengajukan ke pusat untuk mendapatkan kucuran dari APBN. Menginggat pembangunannya butuh biaya besar, minimal belasan miliar hingga puluhan miliar imbuhnya.

“Memang masih alot, serta banyak yang harus dipertimbangkan. Tentunya kami di pemkab tidak bisa gegabah, dan paling lambat keputusan jadi ataukah tidaknya diketahui pada tahun ini juga. Mudah-mudahan tetap dan tidak berubah,” tegasnya. (zal/fun)