Ini Alasan Pemkab Tak Anggarkan Kegiatan Eksotika Bromo

SUKAPURA – Eksotika Bromo menjadi salah satu suguhan tahunan setiap menjelang Perayaan Yadnya Kasada di kawasan wisata Gunung Bromo. Namun, tahun ini Pemkab Probolinggo, tidak mengalokasikan anggaran khusus untuk kegiatan ini. Alasannya, event tahunan itu diselenggarakan penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Pemprov Jatim.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng, mengatakan serangkaian kegiatan Yadnya Kasada sudah dirapatkan bersama. Termasuk, kegiatan Eksotika Bromo yang akan digelar bulan depan. “Secara umum perayaan Yadnya Kasada sama dengan tahun lalu. Termasuk, adanya kegiatan Eksotika Bromo sebelum Yadnya Kasada,” ujarnya.

Namun, kata Sugeng, dalam kegiatan Eksotika Bromo, pihaknya tidak memiliki wewenang. Sebab, kegiatan itu sudah di-handle langsung Kementerian Pariwisata dan Pemprov. Bahkan, pihaknya tidak mengalokasikan anggaran khusus untuk kegiatan Ekostika Bromo. “Kegiatan ini (Eksotika Bromo) ditangani Kementerian Pariwisata dan Provinsi. Kami hanya bantu promosikan dan meramaikannya,” ujarnya.

Sugeng mengatakan, tidak adanya anggaran untuk Eksotika Bromo, karena pihaknya memiliki kegiatan lain untuk meramaikan tempat wisata di luar Eksotika Bromo. Rencanya, beberapa pekan setelah Yadnya Kasada, ada kegiatan wisata di kawasan Bromo.

Sehingga, di kawasan Bromo dibuat ramai dengan sejumlah event yang terus menerus dapat menarik para wisatawan. “Kami memilih mengadakan kegiatan lain di luar Eksotika Bromo. Seperti Festival Jatilan Bromo. Dengan begitu secara terus menerus kawasan Bromo ada event dan ramai pengunjung,” ujarnya. (mas/rud)