Fenomena Frost Pikat Ribuan Wisatawan, Kunjungan ke Bromo Naik 50 Persen

MENINGKAT: Wisatawan sedang menikmati indahnya fenomena embun es atau frost di Gunung Bromo. Fenomena tahunan itu, selalu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

SUKAPURA – Fenomena embun upas atau embun es (frost) di Gunung Bromo, mampu menarik ribuan wisatawan datang. Sabtu (29/06), bahkan jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo melalui Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, mencapai sekitar 1.500 orang.

Sarmin kepala seksi I TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) mengatakan, fenomena embun es yang terjadi di lautan pasir Gunung Bromo, hampir tiap tahun terjadi. Dan tahun ini, fenomena embun es mampu meningkatkan kunjungan wisata hingga 50 persen.

”Mereka sengaja mengisi liburan di Gunung Bromo, karena tertarik keindahan matahari terbit dan fenomena embun es, layaknya berwisata di eropa,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, Sabtu (29/06).

Menurutnya, wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo, Sabtu (29/06) mencapai sekitar 1.500 orang. Mereka memanfaatkan fenomena tahunan ini dengan mengabadikan lewat kamera. ”Diprediksi fenomena embun es ini akan berlangsung hingga bulan Agustus. Dan puncaknya pada pertengahan bulan juli ini,” tuturnya.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, Sabtu (29/06), suhu dingin di kawasan Gunung Bromo berada di bawah 0 derajat celcius. Hamparan lautan pasir Gunung Bromo pun tertutup embun es, tiap pagi.

Pemandangan itu bisa dinikmati wisatawan sebelum pukul 06.00. Karena, sekitar jam itu matahari sudah menyinari lautan pasir bromo dan embun es pun mulai meleleh.

Camat Sukapura, Bambang Heriwahjudi mengatakan, wisatawan yang datang ke Gunung Bromo terus meningkat. Salah satu yang memikat mereka datang yaitu, fenomena embun es di lautan pasir Gunung Bromo.

“Mereka merasa ada di luar negeri dengan suhu di bawah nol derajat celcius. Namun, kami imbau pada wisatawan untuk nikmati keindahan alam ke puncak Seruni Point. Karena, pengunjung bisa menikmati sensasi view Gunung Bromo dari atas,” terangnya. (mas/hn)