Curi Sepeda Onthel di Gempol, Warga Tanggulangin Dimassa

GEMPOL–M. Mangufron, 31, warga Dusun Pelataran, Desa Penatarsewu, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Minggu jadi bulan-bulanan massa. Itu setelah aksinya mencuri sepeda onthel di warung kopi (warkop) Dusun Kisik, Desa/ Kecamatan Gempol berhasil digagalkan.

Tak lama saat Mangufron dihajar massa, petugas Turjawali Satlantas Polres Pasuruan datang ke lokasi kejadian. Mangufron pun lantas berhasil diamankan.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, aksi pencurian itu terjadi sekitar pukul 08.00. Sepeda onthel yang dicuri Mangufron itu adalah milik Hari Mashudi, sang pemilik warung kopi.

“Sepeda onthelnya saya parkir di samping warkop. Saat sibuk melayani pembeli, tiba-tiba pelaku dating. Saat melihat saya lengah, akhirnya ia membawa kabur sepeda onthel tersebut,” terang Hari saat ditemui Jawa Pos Radar Bromo di Mapolsek Gempol.

Mangufron sendiri sempat kabur sekitar 1,5 kilometer dari lokasi kejadian. Namun, pengejaran yang dilakukan warga membuahkan hasil.

“Pelakunya sebenarnya ada dua orang. Satu lainnya bawa motor dan sebagai joki. Yang satu berhasil kabur lebih dulu meninggalkan pelaku yang tertangkap ini,” jelas Hari.

Selain pelaku, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti, berupa sepeda onthel milik korban yang kini diamankan di mapolsek setempat.

Polisi sendiri saat ini sudah mengidentifikasi satu pelaku yang kabur. “Pelakunya ada dua orang. Satu ditangkap dan satu lainnya lolos melarikan diri. Atas perbuatannya dalam kasus ini, pelaku kami jerat dengan pasal 363 KUHP dan ancaman maksimalnya tujuh tahun penjara,” jelas Kanitreskrim Polsek Gempol Iptu Agus Purnomo. (zal/mie)