Bakal Perkuat Jalan A. Yani Bangil dengan Pengaspalan Karet

SEGERA DIPERBAIKI: Sejumlah pengendara melintas di Jalan A. Yani, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Jalan yang banyak bergelombang ini akan diperbaiki pada Agustus mendatang. (Erri Kartika/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Tingginya arus lalu lintas di Jalan A. Yani, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, menjadi perhatian serius Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN). BBPJN berencana akan kembali mengaspal jalan yang mulai bergelombang ini pada Agustus mendatang.

Pejabat Pembuat Komitmen BBPJN VIII wilayah Gempol-Pasuruan-Probolinggo Rudi Napitupulu mengatakan, pengaspalan Jalan A. Yani Kecamatan Bangil, merupakan pengaspalan minor menggunakan aspal karet. “Aspal karet ini merupakan teknologi baru dan sudah diujicoba di luar Jawa Timur. Hasilnya lebih bagus, terutama dengan jalan yang rutin dilalui kendaraan tonase berat,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini persiapannya masih dalam tahap aspal mixing plan (AMP). Sehingga, masih tahap modifikasi dan penyempurnaan sebelum pengaspalan dilakukan. Rencananya, jalan yang akan diaspal menggunakan pengaspalan minor dan hanya satu lapis dengan aspal karet sepanjang 500 meter.

Sejauh ini kondisi jalan di A. Yani sudah banyak yang bergelombang. Sehingga, kurang nyaman dilintasi kendaraan, khususnya roda dua. “Pengerjaannya, kami target Oktober sudah harus selesai. Kami usahakan Agustus sudah mulai pengerjaan dan agar bisa selesai lebih cepat,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan menggunakan pengaspalan karet, jalan bisa lebih nyaman digunakan. Apalagi, jalan ini merupakan jalur protokol di Kecamatan Bangil, ini banyak dilintasi kendaraan bertonase berat. Seperti roda empat sampai trailer. (eka/rud)