Waduh, Banyak Personel Satpol PP Kegemukan, Bahkan ada yang Obesitas

DICEK: Pemeriksaan kesehatan yang digelar Dinas Kesehatan di lingkungan Satpol PP, Jumat (28/6). Sedikitnya ditemukan 99 ASN di Satpol PP, mengalami kegemukan berat badan. (Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Tingkat kesehatan ASN di lingkungan Kabupaten Pasuruan patut menjadi perhatian. Hal ini seiring dengan temuan, banyaknya ASN yang mengalami kegemukan.

Temuan itu berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasuruan terhadap puluhan ASN di lingkungan Satpol PP Kabupaten Pasuruan. Sebanyak 99 ASN di lingkungan Satpol PP Kabupaten Pasuruan, menjalani pemeriksaan kesehatan dan pengukuran kebugaran.

Hasilnya, cukup memprihatinkan. Sebab, ASN yang masuk kategori kebugaran jasmaninya baik, sangatlah minim. Hanya ada tiga orang, dari 99 pegawai yang menjalani pemeriksaan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Lies Lidia menyampaikan, pengecekan kesehatan dan pengukuran kebugaran ASN di lingkungan Pemkab rutin dilakukan. Setidaknya, setahun bisa dilakukan dua kali.

“Khusus untuk tahun ini, pemeriksaan awal dilakukan kepada pegawai di lingkungan Satpol PP Kabupaten Pasuruan. Alasannya, mereka memiliki aktivitas kerja yang tinggi, sehingga perlu untuk dimonitoring tingkat kebugaran maupun kesehatannya. Rencananya juga akan diberlakukan untuk ASN yang lain,” jelas Lies Lidia.

Setidaknya, ada 99 pegawai yang menjalani pemeriksaan, Jumat (28/6). Pemeriksaan tersebut, diberlakukan untuk dua kategori. Selain kesehatan juga kebugaran.

Untuk kesehatan, mencakup pengkuran gizi, tensi darah dan beberapa pengecekan lainnya. Sementara untuk kebugaran, dengan pengecekan detak jantung maupun paru-paru.

“Caranya untuk mengukur kebugaran, dengan pengetesan lari dan berjalan,” sambungnya.

Hasilnya, cukup merisaukan. Sebab, untuk kebugaran jasmani, hanya ada tiga yang masuk kategori baik. Selebihnya, masuk kategori cukup, kurang hingga kurang sekali.

Begitupun dengan pengecekan gizi para ASN tersebut. Dari total 99 orang yang dicek, baru 56 yang masuk kategori normal. Selebihnya, mengalami kelebihan berat badan bahkan ada yang sampai obesitas. “Ada sebanyak 27 orang yang masuk kategori obesitas. Sebagian lainnya, ada yang kurus dan kurus sekali,” imbuhnya.

Pengukuran kebugaran dan cek kesehatan ini ditujukan, untuk mendeteksi dini kondisi ASN. Tidak hanya Satpol PP tetapi juga untuk ASN yang lain. Mereka yang dianggap kurang, disarankan untuk menjaga pola makan dan rajin berolahraga. (one/fun)