Tiga Kecamatan di Kab Pasuruan Ini Mulai Kesulitan Air Bersih

BANGIL – Sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan langganan krisis air bersih saat kemarau tiba. Pemkab setempat pun kini mulai menyiapkan langkah antisipasi bila terjadi bencana kekeringan.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana menyampaikan, saat ini pihaknya sudah menerima pengajuan air bersih dari beberapa wilayah di kabupaten. Ada tiga kecamatan yang mengajukan air bersih karena daerahnya mulai kekurangan air bersih. Yaitu, Kecamatan Lumbang, Winongan, dan Pasrepan.

BPBD pun mengecek lokasi di tiga kecamatan tersebut, sebelum penyaluran air bersih dilakukan. “Kami sudah mengecek ke lokasi. Memang ada pengurangan debit sumber air di wilayah setempat,” terang Bakti.

Untuk itulah, persiapan penyaluran air bersih dilakukan. Di antaranya, penyiapan armada yang akan diterjunkan. Seperti, membersihkan truk tangki, penggantian sarana, seperti ban yang dianggap kurang mumpuni untuk digunakan. “Truk tangki tadi kami persiapkan. Tangki-tangkinya kami bersihkan,” sampainya.

Pihaknya mengancang-ancang, penyaluran air bersih akan dilakukan awal Juli 2019 ini. Penyaluran air bersih tersebut, tidak akan dilakukan sekaligus ke dusun-dusun atau desa-desa yang terdampak. Tetapi, akan dilakukan bertahap. (one/hn)