Tahun Ini Dapat Hibah Rumah Ikan untuk Nelayan di Kraton

KRATON – Untuk meningkatkan Sumber Daya Ikan (SDI) di Kabupaten Pasuruan. Tahun ini bakal dibangun rumah ikan di Kecamatan Kraton. Rumah ikan merupakan hibah dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yang rencananya bakal dibangun dalam waktu dekat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Alamsyah Supriadi, Kepala Bidang Kenelayanan Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan. Alamsyah mengatakan bahwa kelautan memang sudah diambil alih oleh Provinsi Jawa Timur. Sehingga termasuk menjaga ekosistem kelautan di Kabupaten Pasuruan menjadi ranah Provinsi.

“Salah satu yang perlu dijaga adalah sumber daya ikan, disamping penebaran benih. Tahun ini juga ada hibah rumah ikan yang rencananya akan dibangun di Kraton,” terangnya.

Bantuan rumah ikan ini adalah hibah pertama dari Pemprov Jatim. Rumah Ikan berupa jenis polypropylene yang biasanya berongga dan bersekat fungsinya sebagai tempat berlindung ikan termasuk untuk menaruh telur ikan.

Rumah ikan tersebut nantinya ada 1 koloni dengan 5 modul dan rencananya bakal diletakkan di Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton. Alamsyah mengatakan rumah ikan akan ditaruh di dasar laut yang tidak terlalu dalam.

“Rumah ikan nantinya ditaruh di kedalaman 7-10 meter, kurang lebih jaraknya 3 kilometer dari bibir pantai,” terangnya. Dengan pembangunan rumah ikan ini, diharapkan bisa menjaga sumber daya ikan, sehingga kedepan ekosistem laut tetap terjaga dan tidak makin habis. (eka/fun)