Sejak Tol Mapan Operasional, Bus Masuk di Terminal Pandaan Berkurang

PANDAAN – Jumlah bus yang melintas dan mampir ke terminal Pandaan, kian berkurang. Kondisi itu terjadi pasca tol Malang-Pandaan (Mapan) operasional.

Ini terpantau saat Jawa Pos Radar Bromo berkunjung kesana. Hanya sedikit bus yang mau masuk ke Terminal ber tipe A ini. Baik bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Bus masuk terminal ini intensitasnya berkurang. Sebelum lebaran rata-rata perharinya 140 armada. Dalam dua pekan terakhir ini menurun, maksimal 100-125 armada saja,” kata kepala Terminal Tipe A Pandaan Kriswantoro, saat ditemui di kantornya Jumat (28/6).

Turunnya bus masuk dan melintas di terminal ini, ia katakan salah satunya imbas operasional jalan tol Mapan. Apalagi dilapangan sampai dengan sekarang masih nonbiaya atau gratis.

Sementara itu, untuk penumpangnya masih stabil memanfaatkan jasa angkutan bus via terminal ini. Baik datang dan pergi, atau naik dan turun rata-rata 500 orang setiap harinya.

“Penurunan bus masuk terminal ini berkisar sekitar 15-25 persen. Karena dari Surabaya ke Malang dan sebaliknya, lebih memilih lewat tol panjang via tol Mapan. Karena terburu-buru kejar jam, atau penumpang sudah penuh di terminal pemberangkatan,” jelasnya.

Menyikapi kondisi seperti ini, terminal tidak bisa banyak berbuat. Kementerian Perhubungan hanya bisa sebatas mengimbau ke para koordinator atau perwakilan Perusahaan Otobus (PO), agar masuk ke dalam terminal. Utamanya bagi bus yang tak melintas di tol. (zal/fun)